Monday 31 October 2011

Contoh Critical Review

Tulisan ini adalah critical review dari artikel “Kamuflase dan Perilaku Cerdas Binatang ” yang diposting oleh Harun Yahya di : harunyahya.com . di websitenya, Harun Yahya banyak memposting artikel-artikel islami dan ilmu-ilmu pengetahuan. Di artikelnya ini Harun Yahya menjelaskan bahwa Allah telah menciptakan semua makhluk hidup dengan ciri dan keahlian yang berbeda sesuai dengan lingkungan tempat hidup mereka. Hal ini sangat sesuai sekali dengan fakta kehidupan di bumi ini.

Kamuflase merupakan bentuk implementasi dari kehidupan satwa untuk menyerang musuh atau menyembunyikan diri. Ada beberapa binatang yang berkamuflase dan berperilaku cerdas dalam kehidupannya. Burung Kutub Berpakaian Menyesuaikan Musim yang persis dengan tumbuhan pada musim tersebut, lalu Kupu-Kupu yang memiliki wajah Monster di punggungnya untuk menakuti musuhnya, Kepiting yang membuat baju Tentara untuk perlindungannya, Burung Patu yang berkamuflase mirip Cabang Pohon sehingga pemangsanya termanipulasi oleh bulu-bulunya, Pengorbanan Diri Burung Patu untuk menjaga anaknya, dan kamuflase seekor larva yang meletakkan butiran bebatuan pada tubuhnya untuk membuat pelindung dan bersembunyi di dalamnya.

Pernyataan Teori evolusi yang mengatakan bahwa makhluk hidup terbentuk secara kebetulan telah digugurkan dengan bukti Struktur makhluk hidup yang sempurna dan kompleks. Setiap makhluk hidup adalah bukti adanya penciptaan. Pencipta segala ciptaan yang luar biasa ini adalah Allah, Tuhan langit dan bumi, dan segala sesuatu di antara keduanya.

Di Artikelnya, Harun Yahya menegaskan bahwa Para evolunis tidak mengakui bahwa kamuflase pada makhluk hidup adalah perilaku yang merupakan hasil sebuah kecerdasan yang diatur oleh kekuatan lain. Allah menciptakan semua ciri mengagumkan ini pada makhluk hidup, sebagai bukti keberadaan Hikmah dan Pengetahuan-Nya yang tak terbatas.

Dalam artikel ini, penulis telah memaparkan penjelasan dengan cukup baik, karena pembahasan telah dibagi menjadi sub-sub yang lebih kecil sehingga lebih memudahkan para pembaca untuk memahami isi tulisan. Tetapi, pada bagian introduksi/awal artikel, penulis belum begitu baik, karena penulis tidak memberikan ilustrasi/penjelasan mengenai sub-sub yang akan di bahas secara terstruktur. Sebaiknya, penulis memberikan suatu introduksi pada bagian awal untuk memberitahukan kepada para pembaca tentang apa yang sebenarnya akan dibahas di dalam tulisan tersebut. Karena, jika pembaca membaca bagian introduksi maka pembaca akan mendapatkan gambaran mengenai tulisan tersebut.

Pada artikel ini juga tidak diberikan informasi mengenai tujuan dan sasaran penulis dalam menulis artikel ini. Apakah penulis ingin memberikan kontribusi kepada para praktisi, umum atau mahasiswa. Sebaiknya penulis memberikan informasi ini agar lebih jelas sasaran artikel ini.

Kemudian mengenai identitas penulis. penulis telah mencantumkan namanya dibagian judul artikel sehingga para pembaca yang kebetulan membaca artikel ini dapat langsung mengetahui siapa penulisnya.

Pada artikel ini, penulis sangat baik dalam menyajikan data-data dan fakta dengan memperkuat melalui ayat-ayat Allah. Penulis juga telah memberi sedikit penjelasan mengenai keterkaitan antar sub-sub yang dibahas secara tersirat walaupun tidak terlalu panjang.

Pada artikel ini, penulis cenderung terlihat tidak netral atau lebih memihak ke satu fokus yaitu kamuflase dalam rangka menyembunyikan diri. Semua contoh-contoh binatang yang dipaparkan merupakan contoh binatang yang dapat berkamuflase menyembunyikan diri. Sebaiknya penulis seimbang dalam memberikan contoh, sehingga isi pembahasan mengenai kamuflase dapat disajikan secara komplet. Sehingga pembaca puas dengan artikel ini dan merasa cukup atas informasi dari artikel ini tanpa harus mencari atau membaca artikel lain yang juga membahas mengenai kamuflase ini.

Secara keseluruhan, dapat diambil beberapa simpulan dari postingan artikel ini. Pertama, artikel ini sangat bagus dan berdaya guna untuk ilmu pengetahuan. kedua, tujuan penulis baik terhadap mahasiswa maupun golongan umum sudah tercapai dengan baik.pada artikel ini, penulis tidak seimbang dalam memberi contoh-contoh pendukung dari pembahasan namun terlepas dari itu Isi dan Cara penyajian pembahasan dari artikel ini cukup bagus dan menarik.

5 comments:

Unknown said...

mas aku jurusan teknik elektreo juga di uin, boleh minta pin bb nya invite ya mas 7dfc1a5c

ghofar1.blogspot.com said...

mana Critikalnya bro????

Unknown said...

bagus sekali :)

Unknown said...

jaga baca critical rivew aku juga ya... judulya critacal eleven:) selamat membaca

Unknown said...

bagus sekali :)

Post a Comment

 
;