Monday 31 October 2011

Contoh Summary

==============================================================
Harus Yahya 2006. Kamuflase dan Perilaku Cerdas Binatang. Harunyahya.com.
==============================================================
Tulisan ini meringkas artikel Harun Yahya di websitenya yaitu : harunyahya.com yang berjudul “Kamuflase dan Perilaku Cerdas Binatang.” Harun Yahya menjelaskan bahwa semua makhluk hidup memiliki ciri dan keahlian berbeda yang digunakan untuk melindungi diri atau berburu melalui kamuflase atau taktik cerdas lainnya.

Burung Kutub, 'Berpakaian' Menyesuaikan Musim
Ketika musim dingin semua bulu berwarna gelap menghilang dan menyisakan warna putih. Di musim semi dimana tumbuh-tumbuhan pun mulai bertunas, di sela-sela bulu burung ini, bulu-bulu baru muncul dengan warna hijau tumbuhan. Saat musim panas burung kutub ini tertutupi oleh bulu-bulu yang menyerupai tetumbuhan.

Kupu-Kupu 'Berwajah' Monster
Pada saya kupu-kupu terdapar desain gambar yang menyerupai mata. Dimana jika kupu-kupu membentangkan sayapnya maka punggungnya akan terlihat seperti wajah burung hantu. Dimana burung hantu adalah musuh dari pemangsa kupu-kupu seperti serangga dan lainnya. Dengan desain gambar pada punggung itulah kupu-kupu dapat terbebas dari pemangsanya. Desain seperti ini tak mungkin terjadi secara kebetulan,. Setiap desain menunjukkan adanya perancang desain, dan desain pada sayap kupu-kupu memperlihatkan kita pada kesempurnaan ciptaan Allah.
Dalam sebuah ayat Alqur'an, Allah berfirman:
Dia-lah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Nama-Nama Yang Paling baik. Bertasbih kepada-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana (QS. Al-Hashr:24)

Kepiting 'Berbaju Tentara'
Kepiting menyusun potongan dedaunan diatasnya dan membuat pelindung dari rumput laut. menyusun ranting-ranting untuk bersembunyi di antara tumbuhan. Uniknya, kepiting ini mengeluarkan cairan lengket sehingga ranting-ranting tersebut tetap melekat di tempatnya. Kepiting memotong bunga karang untuk menjahit bajunya dari bunga karang. Lalu ia memanjat dan masuk ke dalam baju tersebut. Kepiting Tidak memiliki kemampuan berpikir atau merancang. Kepiting menggunakan teknik seperti tentara yang menyamarkan diri mereka.

Burung mirip Cabang Pohon
Burung Patu yang hidup di hutan-hutan Venezuela. Memiliki Bulu-bulu mirip luar biasa dengan kulit cabang pohon tempat ia hinggap burung tahu bagaimana menggunakan keahliannya, Ia menutup mata dan paruhnya, serta menjulurkan kepalanya ke depan hingga mirip seperti cabang pohon. walaupun matanya tertutup, burung masih dapat melihat melalui celah khusus pada kelopak matanya.

Pengorbanan Diri Burung Patu
Burung yang hidup di Patagonia ini, membuat sarangnya di padang rumput terbuka. Telur yang mengalami pematangan dalam tubuh induk, dibungkus kulit dengan warna dan corak menyerupai permukaan tanah. Jika ada pemangsa mendekat, sang burung menunjukkan perilaku yang sangat aneh. Ia berperilaku bagaikan burung yang terluka di atas rumput dengan sayap patah. Jika ada yang mendekatinya, burung ini berlari lagi. Jika telah berada jauh dari sumber bahaya, ia mulai menyerupakan diri lagi dengan burung yang terluka. Ia bertujuan mengalihkan perhatian musuh dari sarangnya. Bila bahaya telah berada cukup jauh, perilaku ini berhenti, dan sang burung terbang kembali ke sarangnya.
Dalam sebuah ayat AlQuran, Allah berfirman:
Maka bagi Allah-lah segala puji, Tuhan langit dan Tuhan bumi, Tuhan semesta alam. Dan bagi-Nyalah keagungan di langit dan di bumi. Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. Al - Jatsiyah :36-37).

Larva Berkamuflase
Seekor larva membuat pelindung dengan meletakkan butiran bebatuan pada tubuhnya membuat pelindung dan bersembunyi di dalamnya. larva ini adalah ulat yang baru menetas dan tak memiliki akal.
Pada akhir tulisannya Harun Yahya menegaskan bahwa Para evolunis tidak mengakui bahwa kamuflase pada makhluk hidup adalah perilaku yang merupakan hasil sebuah kecerdasan yang diatur oleh kekuatan lain. Allah menciptakan semua ciri mengagumkan ini pada makhluk hidup, sebagai bukti keberadaan Hikmah dan Pengetahuan-Nya yang tak terbatas.

0 comments:

Post a Comment

 
;